Saturday, July 28, 2012

LUWUK Itu dimana?? #1

Dear guys..
Sewaktu kuliah S1 di Semarang dulu, sering sekali orang bertanya tentang LUWUK. Luwuk dimana sih? Kotanya seperti apa? Ada bandara g? Ada pantai g?? bla..blaa..blaaaa...blaaa...

LUWUK IS AWESOME!!


Kali ini aku akan meng-eksplor semua tempat-tempat wisata yang ada di Luwuk. Biar kalian tau, kalo kota Luwuk itu punya sejuta pesona yang indah.. (walaupun gak sampai satu juta..hehe)


Luwuk adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Indonesia tentunya. Luwuk memiliki area yang sangat strategis antara lain kelautan dan industri seperti coklat dan mede. Luwuk memiliki beragam suku yang sudah lama hidup berdampingan. Saat ini Luwuk telah menjadi sebuah kota yang memiliki infrastruktur yang tergolong lengkap. Sarana transportasi seperti jalan darat, laut dan udara telah tersedia di daerah ini. Luwuk memiliki pantai yang sangat indah dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias di dalamnya.



Luwuk sendiri dapat dikatakan sebagai pintu gerbang masul Sulawesi Tengah dari sisi timur, sedangkan dari sisi barat adalah kota Palu, ibukota Sulawesi Tengah. Kota ini berada pada ketinggian 1500 mdpl dan memanjang ke arah timur. Pelabuhan di Luwuk sudah cukup lama dan saat ini telah ada bandara yang dapat menampung pesawat "berbadan lebar" (kalo dulu masih pesawat kecil-kecil)..hehehe.. sehingga Luwuk benar-benar berpotensi menjadi kota transit, karena semua orang yang akan menuju kota-kota lain pasti akan melalui kota Luwuk. Demikian juga arus lalulintas barang, pengiriman barang dari pelabuhan Surabaya, Makasar dan Ambon pasti dilakukan melalui pelabuhan Luwuk.
Kota kecil diujung timur Sulawesi ini mempunyai banyak panorama. Panorama yang indah dan gak pernah ada habisnya untuk dinikmati. Kota yang ada di antara pegunungan dan pantai pasir putih dengan airlaut yang bening. That's so awesome!!!

1. MASJID AGUNG AN-NUR

MASJID AGUNG kota Luwuk.. Ini satu-satunya Masjid besar yang ada di Luwuk. Dulunya Masjid ini sempat tidak terurus, setelah gempa dahsyat tahun 2000 lalu. Dan sekarang Masjid ini mulai diperindah kembali. Lokasi Masjid ini tepat berhadapan dengan laut, teluk lalong.

2. PANTAI KILO 5



Ini dia pantainya. Pantai kilo 5. Kenapa namanya kilo 5??
Karena..jarak ke pantai tersebut adalah 5 km dari 0 km kota Luwuk. Pasir putih yang indah denganairlaut yang berwarna biru muda..keren banget!!
Itu tempat nongkrong segala usia. Pantai ini jadi seperti "pasar ikan" jika weekend. Kenapa aku bilang"pasar ikan"?? yaaaa..karena semua umat ngumpul disini.. Mulai dari bayi-bayi sampai lansia-lansia..hehehe..=))

3. CAFE WAHYU, KAYUTANYO

Kafe Wahyu namanya. Tempat makan dan bersantai di atas perairan merupakan wisata yang sangat menyenangkan. Jika kalian ke Luwuk, mampirlah ke Cafe Wahyu ini, tempatnya sangat ini, airnya bisa buat ngaca..hehe. Tepatnya di Desa Kayutanyo sekitar 20 sampai 30 menit dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat... U must go there!!

4. PANTAI BOLI'I

Pantai Bolii, ini salah satu pantai yang paling bagus yang juga wajib kalian kunjungi. WAJIB banget..hehe. Lumayan siihh jaraknya dari Kota Luwuk, hampir sama seperti ke Cafe Wahyu, sekitar 20 menit-an..hehe.. Nikmatin semilir angin pantainya yang wuuiiiiissssssss dijamin gak bakal pengen pulang kalian..hoho.=))

5. PELABUHAN ANTAR PULAU

Salah satu pelabuhan antar pulang yang ada di Kota Luwuk, foto ini diambil dari tempat nongkrong para muda-mudi dan ortu-ortu di Teluk Lalong..(^__^)

6. AIR TERJUN SALODIK



Objek wisata Salodik Waterfall ini berada di Desa Salodik, persis dipinggir jalan trans Sulawesi. Jaraknya sekitar 27 km dari kota Luwuk. Tempat wisata ini memiliki tempat pemandian yang menarik yang juga ditumbuhi pohon-pohon pinus sepanjang jalan dan merupakan daerah penghasil rempah-rempah dan buah-buahan (gak semua buah siih). Tempat ini menawarkan kesejukan alam yang indah dan sejuk, serta air sungai yang melintas sepanjang objek wisata..(^_*)

7. BUKIT INSPIRASI

Pernah dengar Bukit Inspirasi atau inspiration hill?? hehee.. Ini dia cuma ada di Luwuk. Satu2nya Bukit Inspirasi yang bisa melihat keseluruhan kota Luwuk dari atas. You know guys?? kalo ngerayain New Year Eve disini, wuuuiiiihhhh KEREN PISAN euuyy...hahahaa..sampai bingung mata mau lihat kembang api yang dari mana asalnya..(*__*)

8. JEMBATAN BELANDA, LOBU

Ini salah satu situs peninggalan zaman Belanda. Wuuiihh, tau gak?? masih KUAT dan KOKOH sampai saat ini. Ini akses satu-satunya di Desa Lobu yang masih bertahan. Sangking kuatnya tuh. Masih kecil dulu kalo lewat sini berasa horor..yaaa abisnya gelap siih dalemnya..hehehe.. u must try it, guys..^^



with ♥,
Muthia Ahmad