Friday, December 21, 2012

HNP (Herniasi Nukleus Pulposus)

HNP atau yang lebih dikenal oleh masyarakat awam sebagai syaraf kejepit adalah penyakit yang sangat menjengkelkan dan sangat sangat menyiksa karena rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan benar-benar luar biasa sakitnya. Saya mengatakan ini karena saya mengalami sendiri penyakit HNP itu. Benar-benar mengganggu. Sakitnya mulai terasa dari pinggang belakang menjalar sampai ke lutut dan kaki..bisa sampe nangis nahan sakit itu..

HNP sendiri menurut dokter yang menangani saya selama di RS bisa disebabkan karena trauma (pernah jatuh) atau mengangkat benda-benda berat. Saya sendiri mengalami jatuh pas ditulang ekor sekitar tahun 2009 lalu. Waktu itu sakitnya luar biasa, tapi karena saya pikir itu cuma karena hal sepeleh yaitu kepleset ditangga kosan, saya tidak memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Saya cukup beristirahat semalam dan besoknya sakitnya berkurang tapi tetap saja sakitnya sering kambuh dan kadang sampai tidak tertahankan. Sampai akhirnya tepat bulan September 2012 sakit itu mulai menjadi-jadi sampai akhirnya saya memutuskan untuk masuk Rumah Sakit.

Naahh..saat itulah mulai ketahuan kalau saya menderita penyakit HNP ringan di level DIV VL4-5, gan nampak canalis stenosis. Osteofit minimal di corpus VL 1-2 aspek interior. Itulah kurang lebih kesan dari hasil MRI. Intinya masih dalam level ringan saja sakitnya sudah seperti ini apalagi yang sudah sampai level berat. Tidak pernah terbayangkan bisa mengalami sakit ini...:')

Alhamdulillah...
Saat ini sakitnya sudah mulai berkurang. Butuh hampir sebulan untuk mengurangi rasa sakit dari 100% sakit menjadi 60% saat ini. Hanya saja aktivitas tetap terbatas, kata dokter saya. Masih dalam tahap diet dan tetap melakukan fisioterapi dan renang seperti biasa untuk mengurangi rasa sakit yang kadang-kadang sering muncul secara tiba-tiba akibat duduk terlalu lama atau berjalan terlalu lama apalagi saat menggunakan sendal berhak tinggi..hehe..

Kembali ke sumber yang memberikan segala macam ujian, Allah Maha Tahu dengan kemampuan kita masing-masing. Dan setiap penyakit yang diberikan kepada kita adalah ujian Allah untuk kita, semoga bisa mengurangi dosa-dosa yang telah kita lakukan dimasa silam...(^__^)


with ♥,
Muthia Ahmad